الثلاثاء، 5 فبراير، 2013

cara kerja komputer

                Cara Kerja Komputer

                                       Cara Kerja KomputerCara kerja komputer memang rumit jika dibasah dengan detil sampai ke akarnya, karena meman komputer adalah sebuah satu kesatuan perangkat keras dan lunak yang saling bekerja sama satu sama lain sehingga membentuk sebuah sistem. Namun bagi Anda yang baru mempelajari komputer ada baiknya membahas cara kerja komputer secara garis besar, sehingga nantinya akan mudah bagi Anda untuk memahami seluk beluk komputer yang lainnya.
Cara kerja komputer sebenarnya merupakan adalah implementasi dari program/perintah yang diberikan oleh pengguna komputer tersebut, lalu dari program perintah yang diberikan ke komputer akan diproses oleh komputer tersebut yang pada akhirnya memberikan suatu data atau informasi yang berguna bagi pengguna sebagai hasil dari proses komputer.
Cara kerja komputer secara garis besar ada 3 urutan atau proses kejadian, yaitu:
1. Masukan (input)
Masukan atau input merupakan proses dimana data dimasukkan ke komputer dengan memakai perangkat-perangkat yang dikhususkan untuk memasukkan data, misalnya adalah Keyboard, Mouse, Joystik, CD/DVD ROM, Harddisk, Disket, Scanner, dan lain-lain.
2. Proses (pengolahan data input)
Proses merupakan seuatu kejadian dimana data yang diinput tadi diolah sedemikian rupa sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna. Proses ini juga melibatkan perangkat-perangkat komputer yang nantinya bisa menghasilakn output yang diinginkan.
Proses memiliki andil penting dalam sistem dan cara kerja komputer. Perangkat yang digunakan untuk proses yang telah berbentuk sistem yang komplit atau utuh adalah Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard. Yang mana pada Motherboard ini salah satunya telah termasuk CPU (Central Processing Unit) biasanya orang menyebut CPU.
Pada dasarnya otak dari cara kerja komputer ini dan pusat dari semua pengolahan data itu berada di inti yang bernama Processor (CPU). Processor adalah perngkat atau komponen elektronika yang telah diprogram sedemikian rupa dengan berbagai rangkaian logika yang terdapat di dalamnya. Contoh dari Processor adalah Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang sedang terkenal sekarang ini Core 2 duo, Dual Core, Core i3, Core i5, Core i5, dan lain-lain.
3. Ouput (keluaran/hasil)
Output adalah hasil dari pemrosesan data input. Hasil ini biasanya adalah apa yang diinginkan atau tujuan dari si pengguna. Untuk mendapatkan output juga harus digunakan perangkat keras. Perangkat keras yang dibutuhkan biasanya adalah monitor yang digunakan untuk menghasilkan visualisasi (gambar, video, grafik, dan lain-lain), speaker yang digunakan untuk menghasilakn suara, printer yang digunakan untuk menghasilkan cetakan, dan lain sebagainya.
Jika cara kerja komputer di atas digambarkan dengan sederhana, maka bisa dilihat seperti dibawah ini:
Cara Kerja Komputer (01)
Data yang berasal dari media input adalah berupa data digital yang sebenarnya adalah bilangan biner, Bilangan ini Cuma mengenal angka 0 dan 1. Sedangkan data yang masuk ke proses adalah gabungan dari angka 0 dan 1 (contoh: 1010001010110100) yang berbentuk 8 bit data, 16 bit, 32 bit atau 64 bit, tergantung dari sistem komputer yang diperunakan. Processor yang dipakai pun sama, terdapat yang 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit. Semakin besar bit-nya, maka cara kerja komputer juga akan semakin cepat.
Demikianlah sedikit artikel yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu untuk memahami bagi Anda yang baru saja ingin belajar tentang komputer. Belajar komputer tidaklah sulit, asalkan ada kemauan dan keinginnan untuk terus mendalaminya, maka akan terasa mudah. Demikian artikel cara kerja komputer, jika ada kesalahan saya mohon maaf. Lihat juga tulisan saya cara merakit komputer

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق